Sunday, December 9, 2012

namanya Birul

Sekolah ini bukan seperti sekolah pada umumnya, yang memiliki meja, kursi, papan tulis, dan alat tulis lainnya. sekolan ini beda. sangat berbeda dari sekolah lainnya. Tidak akan kita temukan meja, kursi dan papan tulis di sekolah ini. inilah sekolah yang hanya berisi beberapa siswa, dan beberapa tenaga pekerja saja. Murid-murid di sekolah ini-pun istimewa. tidak, kita tidak akan menemukan murid yang berperilaku selayaknya anak sekolah pada umumnya disini. karena ini adalah sekolah luar biasa. sekolah luar biasa yang amat sangat luput perhatiannya dari orang-orang yang menjunjung tinggi nilai pendidikan dan sosial. Letak sekolah ini di daerah lambaro, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa di daerah Aceh Besar ini terdapat sekolah luar biasa yang bersiswa luar biasa pula. Namun, semangat anak-anak yang ingin belajar telah menjadi motivasi bagi saya dan teman-teman lainnya untuk ikut mengabdi di sekolah ini. Setiap hari kamis pagi, kami (saya, rahmi, rena, yaniz, rahma, dan ayyu*anggota baru*) berangkat dari rumah masing-masing dengan niat untuk bertemu dan berbagi bahagia kepada murid-murid di sekolah luar biasa tersebut. Kami pergi mengajar hanya dengan modal nekat dan pengetahuan yang seadanya tentang anak-anak berkebutuhan khusus. Setiap kami datang ke sana, kami selalu disambut hangat oleh adik-adik "spesial" ini. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman selama kami mengajar di sana. Sekolah luar biasa ini menyediakan asrama untuk mereka yang dianggap sudah bisa dan cukup mampu untuk "mengurusi diri mereka sendiri". Saya belum menghapal nama semua murid-murid disana, karena saya juga baru beberapa kali datang ke sana. Saya pergi ke sana untuk pertama kalinya hanya untuk sekedar tahu saja dimana sekolah tersebut, dan ternyata setelah saya sampai di sana, saya sangat iba melihat keadaan sekolah tersebut. bukan karena bangunannya jelek, bangunannya tidak jelek. hanya saja kurang mempunyai fasilitas yang memadai untuk masuk ke dalam kategori sekolah. semenjak itu, saya jadi ketagihan untuk datang kembali ke sana. Di sana, saya bertemu dengan adik-adik spesial yang lucu. namanya birul kamal, lebih akrab disapa Birul, dia merupakan murid favorit saya. Birul mengalami hiperaktif, jadi bisa dibayangkan betapa "sesuatu"nya dia ini. lari sana, lompat sini, dengan suaranya yang cempreng dan lantang, membuat Birul menjadi adorable. Didukung oleh penampilan Birul yang selalu rapih, setiap kali saya datang ke sekolah ini (saya datang jam 9.00 Am), Birul masih mengenakan tas ranselnya, dan wajahnya masih bertaburan bedak. Birul memang tidak pernah diam, ada saja yang diperbuatnya, mulai dari lari, lompat, menjerit, dan menjahili teman-temannya (persis saya). Birul orangnya kecil, kurus, putih, dan terlalu lasak(namanya juga hiperaktif). Terkadang kalo di gendong, Birul ga mau di lepas, kalo udah begini, Birul terlihat seperti koala, dan kalo Birul sedang lompat sana lari sini, Birul seperti pemain sirkus. Dan ternyata usut punya usut, Birul ini terlahir normal seperti anak-anak pada umumnya, tanpa embel-embel hiperaktif. Pada suatu ketika Birul sakit demam tinggi sampai step, dan orang tua Birul membawa Birul ke dokter. Ternyata obat yang diberikan oleh sang dokter kepada Birul dosisnya tidak sesuai dengan usia Birul yang begitu belia. Jadilah Birul seperti pemain sirkus seperti ini setelah mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. padahal sangat disayangkan, bocah ini walaupun lasak seperti pemain sirkus dan nempelnya seperti koala, orangnya sangat sangat pintar. Birul paling senang dengan angry bird, Birul bilangnya "manok puteh". see? how adorable. setiap kali ketemu sama Birul, Birul selalu minta digambarkan "manok puteh" ini. karna saya kurang ahli dalam gambar menggambar, jadi saya suka menarik orang lain ke dalam surgawi jurang ini. Birul bukanlah tipikal orang yang mau diajarkan, apabila kita menyuruh Birul untuk melakukan sesuatu, menulis misalnya. pertama tama kita akan memberikan contoh, pada tahap selanjutnya biasanya Birul akan mengoreksi segala sesuatu yang kita maksudnkan untuk ngajari si Birul ini, ujung-ujungnya malahan Birul yang ngajarin kita. Pada suatu siang, ketika seperti biasa Birul ini mulutnya nyap-nyap terus dan nyuruh-nyuruh saya nyusunin lego buat dia, saya nanya sama Birul. kira-kira seperti inilah percakpan yang terjadi : saya : Birul ada tidur kalo siang nak? Birul : *dengan suara cemprengnya dan OOT* ibu umaaay.. ini pasang dulu kayak giniii.. cepaaaat.. saya : jawab dulu nak yang ibu tanya.. Birul kalo siang ada tidur nak? Birul : adaaaaaaa... pasang dulu nii warna niiii... kenapa saya nanya Birul ada tidur siang apa ga, itu karena Birul punya energi yang terlalu berlebihan. Sudah saya sebutkan kan Birul itu seperti pemain sirkus? Birul ini tidak pernah berhenti bicara, lari sana lompat sini. darimana dia dapat energi untuk melakukan aktivtas sebanyak itu.. ini kebetulan ada foto saya berdua sama Birul
Note : Kami volunteer dari YPAB yaitu sebuah yayasan yang mendidik dan menampung anak-anak berkebutuhan khusus seperti tuna rungu, tuna netra, tuna wicara, dan down syndrome saat ini sedang membutuhkan bantuan dari teman-teman semua.. Sekedar informasi, YPAB ini adalah sebuah yayasan yang baru berdiri dengan fasilitas yang masih sangat terbatas, lokasinya di Lambaro, Aceh Besar. Yang menjadi siswa di YPAB ini adalah anak-anak berkebutuhan khusus yang berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah. Sebagian dari siswa YPAB ada yang tinggal bersama orang tuanya dan ada pula yang tinggal di asrama YPAB.. Kami sangat memerlukan uluran tangan teman-teman semua, baik dalam bentuk bantuan jasa, dana, perlengkapan sekolah, alat tulis, dll.. Untuk penyaluran bantuan dapat menghubungi: Rena (082368285009) Silfana (085834371229) *Bagi yang ingin menjadi volunteer sangat dipersilakan, terutama bagi yang ingin menjadi kakak/abang asuh bagi anak berkebutuhan khusus/disabilitas. Bantuan anda sangat berarti bagi kami.. Terima Kasih :) sebenarnya banyak lagi anak anak spesial yang mau saya cerita. tapi saya lagi males ngetik panjang panjang. lain kali kalo ada umur saya ceritakan tentang anak lainnya. oh iya satu lagi kalo ada yang mau beli Mr.Monkey hubungi saya ya.. umay (08126927668) hehe salam gaul cups :*

No comments:

Post a Comment